iklan

iklan banner iklan banner iklan banner iklan banner

Jumat, 19 Agustus 2016

DZIKIR (PANJANG) SETELAH SHOLAT



DZIKIR SETELAH SHOLAT

أَسْتَغْفِرَاللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لَاإِلَهَ إِلَّا هُوَالْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ  × ٣     
Astagfirullahal’adzim Alladzi laa ilaaha illa hual hayyul qayyum watubu ilaih  3x

مِنْ جَمِيعِ الْامَعَاصِي وَ الذُ نُـو بِ , لَا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إلاّ بِاللهِ الْعَليِّ الْعَظيم
min jamiil maashi wa dzunuba, laa haula walakuata illa billahil aliyul adzim.
Apabila Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam selesai shalat (sesudah salam) beliau beristighfar tiga kali, dan berdoa: Allaahumma Antas Salaam wa minkas Salaam Tabaarakta Dzaljalaali wal ikraam (Ya Allah Engkau Maha Penyelamat dari Engkaulah keselamatan Engnkau Maha Baik wahai Dzat yang Agung dan Mulia).” (HR. Muslim)
Makna Istighfar : Istighfar adalah meminta ampunan. Tidak mungkin memintanya kecuali karena adanya perasaan salah. Maka istighfar di sini merupakan isyarat dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bahwa beliau tidak mampu menyempurnakan hak Allah dalam ibadah secara maksimal. Karena adanya was-was, teringat sesuatu, dan kekurangan dalam melaksanakan hak Allah yang agung ini. karenanya disyariatkan istighfar untuk menyempurnakan yang kurang-kurang tadi dan pengakuan akan kelemahan dan kekurangan diri.

لاَاِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر  ١۰ ×
Laa Ilaha illallah wahdahu laa syarikalah lahul mulku walhul hamdu, yuhyi wa yumitu wahua ‘ala kulli syaiin qadir 10x
Dari Abu Ayyub al-Anshari ra dari Nabi saw, sabdanya: “Barangsiapa mengucapkan: La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadir – sebanyak sepuluh kali, maka ia adalah sebagaimana seseorang yang memerdekakan empat jiwa dari keturunan Ismail.” (Muttafaq ‘alaih)
Dari Bukhari, Muslim dan Malik, diriwayatkan daripada Abu Hurairah; Rasulullah s.a.w berkata, “Sesiapa membaca ayat ini seratus kali sehari, pahalanya seperti memerdekakan sepuluh orang hamba, Seratus kebajikan dituliskan untuknya dan seratus keburukan dibuang darinya, dan menjadi benteng dari gangguan syaitan sepanjang hari."
Dari Mu’adz ra: “Barangsiapa akhir ucapannya “Laailaaha illallahu” dia akan masuk surga. (HR. Abu Dawud dan Hakim. Sohih Isnad)

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ   ×٧ 
Allahumma Ajirnii minannar 7x
Ya Allah lindungilah aku dari api neraka

 (7 nama neraka : jahanam, jahim, khutoma, shakor, syair, ladzo, hamiyah)

Dari Alharits bin Muslim Attamimi ra, ia berkata: Nabi saw bersabda kepadaku: “Apabila kamu selesai salat _Subuh_ maka ucapkanlah sebelum berbicara: “Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka *(Allahumma ajirni minannar)”, tujuh kali;* karena sesungguhnya jika kamu meninggal pada harimu itu niscaya Allah menulis bagimu perlindungan dari api neraka, dan apabila kamu selesai salat _Magrib_ maka ucapkanlah sebelum berbicara, “Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka *(Allahumma ajirni minannar)”, tujuh kali;* karena sesungguhnya jika kamu meninggal pada malammu itu niscaya Allah menulis bagimu perlindungan dari api neraka.“

أَللّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَاِلَيْكَ يَعُوْدُالسَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْخِلْنَا الْجَـــنَّــةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالاِكْرَامِ
Allahumma Anta salam wa minkassalam wa ilaika ya’udu ssalam fahayyina rabbana bissalam wa adkhilnal jannata darassalam tabarakta rabbana wata’alaita yadzal jalali wal ikram.
Apabila Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam selesai shalat (sesudah salam) beliau beristighfar tiga kali, dan berdoa: Allaahumma Antas Salaam wa minkas Salaam Tabaarakta Dzaljalaali wal ikraam (Ya Allah Engkau Maha Penyelamat dari Engkaulah keselamatan Engnkau Maha Baik wahai Dzat yang Agung dan Mulia).” (HR. Muslim)
Al Fatehah....
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ , الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ ,الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ ملِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ ,إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ , اِهْدِنَا الصِّــــرَ اطَ اْلمــُسْتَــَقِيــْمَ, صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ اْلمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَآلِّيْنَ, آمِيْنَ.
bismi allaahi alrrahmaani alrrahiimi, alhamdu lillaahi rabbi al'aalamiina, alrrahmaani alrrahiimi, maaliki yawmi alddiini, iyyaaka na'budu wa-iyyaaka nasta'iinu, ihdinaa alshshiraatha almustaqiima, shiraatha alladziina an'amta 'alayhim ghayri almaghdhuubi 'alayhim walaa aldhdhaalliina
Diriwayatkan oleh Abu Sa’id ibn al-Mu’lla r.a.: “Sukakah kamu jika aku ajarkan sebuah Surah yang belum pernah diturun dahulunya, baik dalam Injil mahupun Zabur dan Taurat? Ia adalah Al-Fatihah.
Surah 15 Al-Hijr : Ayat 87: “Dan sesungguhnya Kami telah memberi kepadamu (wahai Muhammad) tujuh ayat yang diulang-ulang bacaannya dan seluruh Al-Quran yang amat besar kemuliaan dan faedahnya.

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
الم . ذٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ  هُدًى لِلْمُتَّقِينَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ, وَالَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ أُولٰ ئِكَ عَلَىٰ هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ ۖ وَأُولٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
Alif laam miim, dzaalika alkitaabu laa rayba fiihi hudan lilmuttaqiina, alladziina yu/minuuna bialghaybi wayuqiimuuna alshshalaata wamimmaa razaqnaahum yunfiquuna, waalladziina yu/minuuna bimaa unzila ilayka wamaa unzila min qablika wabial-aakhirati hum yuuqinuuna, ulaa-ika ‘alaa hudan min rabbihim waulaa-ika humu almuflihuuna

لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَ اللّهُ اَكْبَرُ ...... بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ  x٣
qul huwa allaahu ahadun, allaahu alshshamadu, lam yalid walam yuuladu, walam yakun lahuu kufuwan ahadun

Dari Imam Bukhari, diriwayatkan daripada Abu Sa’id al-khudri; seseorang mendengar bacaan surah al-Ikhlas berulang-ulang di masjid. Pada keesokan paginya dia datang kepada Rasulullah s.a.w. dan sampaikan perkara itu kepadanya sebab dia menyangka bacaan itu tidak cukup dan lengkap. Rasulullah s.a.w berkata, “Demi tangan yang memegang nyawaku, surah itu seperti sepertiga al Quran!”

لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَ اللّهُ اَكْبَرُ ...... بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِن شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِ وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ
qul a’uudzu birabbi alfalaqi, min syarri maa khalaqa, wamin syarri ghaasiqin idzaa waqaba, wamin syarri alnnaffaatsaati fii al’uqadi,  wamin syarri haasidin idzaa hasada
Diriwayatkan daripada Aisyah r.a katanya: Rasulullah s.a.w biasanya apabila ada salah seorang anggota keluarga baginda yang sakit, baginda menyemburnya dengan membaca bacaan-bacaan. Sementara itu, ketika baginda menderita sakit yang menyebabkan baginda wafat, aku juga menyemburkan baginda dan mengusap baginda dengan tangan baginda sendiri, kerana tangan baginda tentu lebih banyak berkatnya daripada tanganku.

لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَ اللّهُ اَكْبَرُ ...... بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مَلِكِ النَّاسِ . إِلٰهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ. الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ
qul a’uudzu birabbi alnnaasi, maaliki alnnaasi, ilaahi alnnaasi,  min syarri alwaswaasi alkhannaasi, alladzii yuwaswisu fii shuduuri alnnaasi, mina aljinnati waalnnaasi
Dari Tirmidhi diriwayatkan daripada Abu Sa’id al-Khudri; Nabi Muhammad s.a.w selalu meminta perlindungan daripada kejahatan jin dan perbuatan hasad manusia. Apabila surah al-falaq dan an-nas turun, baginda ketepikan yang lain dan membaca ayat-ayat ini sahaja.

وَإِلهُكُمْ إِلهٌ وَاحِدٌ لآ إِلهَ إِلَّا هُوَالرَّحْمنُ الرَّحِيْمُ ,
Wa ilahukum ilahun wahid, la ilaha illa huwar rahmanur rahim.( QS. AL BAQARAH 2:163)

اَللهُ لآَإِلهَ إِلاَّهُوَالْحَىُّ الْقَيُّوْمُ . لاَتَأْخُذُه سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ . لَهُ مَافِى السَّموَاتِ وَمَافِى اْلاَرْضِ . مَنْ ذَالَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه اِلاَّبِاِذْنِه . يَعْلَمُ مَابَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ . وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِه اِلاَّبِمَاشَآءَ . وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموَاتِ وَاْلاَرْضَ . وَلاَيَؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allahu la ilaha illa Huwal-Hayyul-Qayyum, la ta'kudhuhu sinatuw  wa la nawm, lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard, man dhal-ladhi yashfa'u ‘indahu illa bi idhnih, ya'lamu ma bayna aydihim wa ma khalfahum wa la yuhituna bi shayy'in min ‘ilmihi illa bi ma sha', wasi'a Kursiyyuhu s-samawati wal-ard, wa la ya'uduhu hifzuhuma, wa Huwal-’Aliyyul-'Azim.( QS. AL BAQARAH:255)
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i).
pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).
Ayatul Kursi ini mengandungi khasiat yang besar. Terdapat 99 buah hadith yang menerangkan fadhilahnya. Di antaranya ialah untuk menolak syaitan, benteng pertahanan, melapangkan fikiran dan menambahkan iman.

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ. كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِئ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا  غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ
Aamanarrosuulu bimaa undzila ilaihi mirrobbihi walmu’minuuna kullun aa mana billaahi wamalaaikatihi wakutubihi warusulihi la nufarriku baina ahadimmirrusulih wa qulluu sami’naa wa atho’na ghufroonaka robbanaa wa ilaikalmasyiir
Diriwayatkan daripada Abu Mas'ud al-Badri r.a katanya: Rasulullah s.a.w pernah bersabda: Dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah, memadai kepada seseorang yang membacanya pada malam hari sebagai pelindung dirinya.

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ
Laa yukallifullaahu nafsan illaa wus’ahaa lahaa maa kasabat wa’alaihaa maktasabat. Rabbanaa laa tu aakhiznaa in nasiinaa au akhtha-naa, rabbanaa walaa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamal tahuu ‘alal ladziina min qablinaa. Rabbanaa walaa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bih. Wa’fu ‘annaa waghfir lanaa warhamnaa, anta maulanaa fanshurnaa alal qaumil kaafiriin.
Dari Muslim, diriwayatkan daripada Abdullah ibn Abbas r.a.: Apabila Jibril sedang duduk dengan Rasulullah s.a.w., dia mendengar bunyi pintu di atasnya. Dia mengangkat kepalanya lalu berkata: “Ini ialah bunyi sebuah pintu di syurga yang tidak pernah dibuka.” Lalu satu malaikat pun turun, dan Jibril berkata lagi, “Ia malaikat yang tidak pernah turun ke bumi” Malaikat itu memberi salam lalu berkata, “Bersyukurlah atas dua cahaya yang diberi kepadamu yang tidak pernah diberi kepada rasul-rasul sebelummu-“Fatihat al-Kitab dan ayat penghabisan Surah al-Baqarah”. Kamu akan mendapat manfaat setiap kali kamu membacanya.

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَـهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَئِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
Syahidallahu annahu laa ilaha ilaa huwa wal malaa-ikatu wauuluul 'ilmi qaa-iman bil qisthi laa ilaha ilaa huwal 'aziizul hakiim(u) (QS Ali Imran : 18)
إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الإسْلامُ
Innaddiina 'indallahi-islaamu (Ali Imran : 19)

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ  بِيَدِكَ الْخَيْرُ  إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Qulillahumma maalikal mulki tu'tiil mulka man tasyaa-u watanzi'ul mulka mimman tasyaa-u watu'izzu man tasyaa-u watudzillu man tasyaa-u biyadikal khairu innaka 'ala kulli syai-in qadiirun. (Ali Imran : 26)


تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ  وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ  وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ
Tuulijullaila fiinnahaari watuulijunnahaara fiillaili watukhrijul hai-ya minal mai-yiti watukhrijul mai-yita minal hai-yi watarzuqu man tasyaa-u bighairi hisaabin (QS.Ali Imran:27)

Dalam suatu riwayat telah diterangkan bahwa RASULULLOOH S.A.W bersabda :.. “surah AL-FATIHAH dan DUA AYAT DARI SURAH ALI-IMRON (AYAT 18-19 DAN 26-27), apabila DIBACA SEHABIS SHOLAT FARDHU, niscaya ALLAH SWT akan MENJAMIN “SURGA” untuknya”…

اِلَهَي يَارَبَّناَ أَنْتَ مَوْلنَا : سُبْحَنَ اللهِ 33X
Ilahiy ya rabbana anta maulana : Subhanallah 33X
سُبْحَنَ اللهِ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ دَائِمًا أَبَدًا : أَلْحَمْدُ لِلَّهِ  33X×
Subhanallah hil ‘adhim wabihamdihi da iman abadan Alhamdulillah 33X
Dari Abu Malik al-Asy’ari ra, katanya: “Rasulullah saw bersabda: “Bersuci itu adalah separuh keimanan, bacaan Alhamdulillah itu adalah memenuhi beratnya timbangan – di akhirat, sedang Subhanallah dan Alhamdulillah itu memenuhi apa yang ada di antara langit dan bumi.” (HR. Muslim)
أَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَفِـي كُلِّ حَالٍ وَنِعْمَةٍ : اللهُ أَكْبَرُ 33X×
Alhamdu lillahirabbil ‘alamin ‘ala kulli halin wafi kulli hallin wani’matin:  Allahu Akbar 33X
Dari Samurah Ibnu Jundab Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah saw bersabda: “Ucapan yang paling disukai Allah itu empat: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaha illallah, dan Allahu Akbar. Kamu boleh memulainya dengan kalimat mana saja ” (HR. Muslim)
Dari Abu Zar ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda: “Atas setiap ruas tulang dari seseorang di antara engkau semua itu pada setiap paginya harus ada masing-masing sedekahnya. Maka setiap sekali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap sekali bacaan tahmid adalah sedekah, setiap sekali bacaan tahlil adalah sedekah, setiap sekali bacaan takbir adalah sedekah, memerintahkan kepada kebaikan juga sedekah, mencegah dari kemungkaran juga sedekah dan keseluruhannya itu dapat dicukupi oleh dua rakaat yang dikerjakan oleh seseorang itu dari shalat Dhuha.” (HR Muslim: 720)

أَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَنَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً
Allahu akbar kabiran walhamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukratan wa asilan

Dari Ibnu Umar dia berkata; “Ketika kami shalat bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba seseorang mengucapkan Allahu Akbar Kabiro Walhamdulillaahi Katsiiro Wasubhanallahi Bukrota Wa’ashiilaa (Allah Maha Besar dengan segala kebesarannya. Segala puji bagi Allah. Maha Suci Allah dipagi dan petang hari).” Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya: “Siapakah yang mengucapkan kalimat tadi?” Seorang sahabat menjawab; “Saya wahai Rasulullah.” Beliau bersabda: “Sungguh aku sangat kagum dengan ucapan tadi, sebab pintu-pintu langit dibuka karena kalimat itu.” Kata Ibnu Umar; “Maka aku tak pernah lagi meninggalkannya semenjak aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengucapkan hal itu.” (HR. Muslim no. 943)

لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلى كُلِّ شُيْئٍ قَدِيْرٌ, وَلَا حَولَ وَلَاقوةَ إلَا با لله العلي العظيم.
Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyi wa yumitu wahua ‘ala kulli syaiin qadir, wa la haw la wala kuwwata illa billahil-‘aliyyil-adhiym
Dari Bukhari, Muslim dan Malik, diriwayatkan daripada Abu Hurairah; Rasulullah s.a.w berkata, “Sesiapa membaca ayat ini seratus kali sehari, pahalanya seperti memerdekakan sepuluh orang hamba, Seratus kebajikan dituliskan untuknya dan seratus keburukan dibuang darinya, dan menjadi benteng dari gangguan syaitan sepanjang hari."

أَسْتَغْفِرُ اللهَ اْلعَظِيْمَ ..3x، إِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ
Astaghfirullaahal ‘adziim 3x, innallaha ghofururahiim

أَفْضَلُ الذِّكْرِ فَاعْلَمْ أَنَّهُ ....... لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ 33x
Afdholudz dzikri fa’lam annahu.. laa ilaha illallah (u) 33x
Dari Jabir ra, katanya: “Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: “Seutama-utama zikir ialah lafaz La ilaha illallah.” (HR. Imam Tirmidzi, Hadis hasan)
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَلِمَةُ حَقٍّ عَلَيْهَا نَحْيَا وَعَلَيْهَا نَمُوْتُ وَبِهَا نُبْعَثُ إِنْ شَآءَ اللهُ مِنَ اْلآمِنِيْنَ
La ilaha illallohu Muhammaduosuulullohi sollallohu “alaihi wa sallam, kalimatu haqqin ‘alayhaa nahyaa wa ‘alayhaa namuutu wa bihaa nub ‘atsu inshaa allaahu minal aaminiin.

  • Rahsia Wirid selepas Sembahyang- Syeikh Fahmi Zam Zam 
  • https://www.youtube.com/watch?v=diESHqbE3IE
========= 00 ========

Para ulama terdahulu telah menyusun bacaan dzikir setelah sholat dengan maksud untuk :

1.      Senantiasa mengingat Allah

·   Dalam shahih bukhari dijelaskan dari Abu Musa Radhiallahu Anhu dari nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,
·         مثل الذي يذكر ربه والذي لايذكر مثل الحي والميت                                 
Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dengan yang tidak berdzikir adalah seperti orang yang hidup dengan orang yang mati“. (HR. Bukhari)
·   Menurut Imam an-Nawawi Rahimahullah, “Berdzikir adalah suatu amalan yang disyari’atkan dan sangat dituntut di dalam Islam. Ia dapat dilakukan dengan hati atau lidah. Afdhalnya dengan kedua-duanya sekaligus”.
·    Menurut al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani Rahimahullah, “Dan yang dimaksud dengan dzikir adalah mengucapkan dan memperbanyak segala bentuk lafadh yang di dalamnya berisi tentang kabar gembira, seperti kalimat; subhaanallaah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallaah, wallaahu akbar; dan yang semisalnya, doa untuk kebaikan dunia dan akhirat. Dan termasuk juga dzikir kepada Allah adalah segala bentuk aktifitas amal shalih yang hukumnya wajib ataupun sunnah, seperti membaca Al-Qur’an, membaca hadits, belajar ilmu agama, dan melakukan shalat-shalat sunnah”.
·     “Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.” (Al Ahzab: 41)
·     “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku”. (Al Baqarah: 152)
·    “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. (Ali Imran: 191)

2.      Tetap berada di masjid sambil menunggu waktu sholat berikutnya, biasanya
·         Waktu maghrib ke Isya
·         Waktu subuh ke terbit fajar
·         Dan tidak mengapa pula di waktu sholat lainnya baik wajib maupun sunah, baik sendiri maupun berjamaah

Para malaikat senantiasa mendoakan orang yang sedang duduk menunggu waktu sholat.
_"Tidaklah salah seorang di antara kalian yang duduk menunggu sholat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya; Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia."_ (HR. Imam Muslim dari Abu Hurairah, Shahih Muslim: 469)

_ Imam Ahmad rahimahullah meriwayatkan pula dari Abu ‘Abdirrahman, ia berkata: “Aku mendengar ‘Ali berkata: ‘Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الْعَبْدَ إِذَا جَلَسَ فِيْ مُصَلاَّهُ بَعْدَ الصَّلاَةِ صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ، وَصَلاَتُهُمْ عَلَيْهِ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ. وَإِنْ جَلَسَ يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ وَصَلاَتُهُمْ عَلَيْهِ: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ.

Sesungguhnya jika seorang hamba duduk di masjid setelah melaksanakan shalat, maka para Malaikat akan bershalawat untuknya, dan shalawat mereka kepadanya adalah dengan berkata: ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia.’ Jika ia duduk untuk menunggu shalat, maka para Malaikat akan bershalawat kepadanya, shalawat mereka kepadanya adalah dengan berdo’a: ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia.’”
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengabarkan bahwa tetap duduk di masjid setelah shalat adalah termasuk amal-amal yang menjadi bahan pembicaraan di kalangan para Malaikat, tegasnya mereka semua ingin membawa amalan tersebut ke langit, dan hal ini merupakan amal-amal yang dapat menghapuskan dosa. Barangsiapa yang melakukannya, niscaya ia akan hidup dengan baik dan wafat dengan baik, ia akan dibersihkan dari kesalahan bagaikan seorang anak yang baru dilahirkan oleh ibunya.

Al-Imam at-Tirmidzi meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ahuma, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


أَتَانِي اللَّيْلَةَ رَبِّي تَبَارَكَ وَتَعَالَى فِي أَحْسَنِ صُوْرَةٍ قَالَ: أَحْسَبُهُ، قَالَ: فِي الْمَنَامِ، فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ هَلْ تَدْرِي فِيْمَ يَخْتَصِمُ الْمَلأُ اْلأَعْلَى؟ قَالَ: قُلْتُ: لاَ، قَالَ: فَوَضَعَ يَدَهُ بَيْنَ كَتِفَيَّ حَتَّى وَجَدْتُ بَرْدَهَا بَيْنَ ثَدْيَيَّ، أَوْ قَالَ: فِي نَحْرِي، فَعَلِمْتُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي اْلأَرْضِ، قَالَ: يَا مُحَمَّدُ، هَلْ تَدْرِي فِيْمَ يَخْتَصِمُ الْمَلأُ اْلأَعْلَى، قُلْتُ: نَعَمْ، قَالَ فِي الْكَفاَّرَاتِ وَالْكَفَّارَاتُ الْمَكْثُ فِي الْمَسَاجِدِ بَعْدَ الصَّلَوَاتِ وَالْمَشْيُ عَلَى اْلأَقْدَامِ إِلَى الْجَمَاعَاتِ وَإِسْبَاغُ الْوُضُوْءِ فِي الْمَكَارِهِ وَمَنْ فَعَلَ ذَلِكَ عَاشَ بِخَيْرٍ وَمَاتَ بِخَيْرٍ وَكَانَ مِنْ خَطِيْئَتِهِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ.”



Dzikir itu maknanya luas, bisa berarti mengingat Allah dengan bacaan tertentu, misalnya tahmid atau tasbih, bisa juga berupa mengkaji ilmu agama karena dengan mengkaji atau mendalami ilmu agama (Islam) otomatis mengingat Allah (perintah dan larangan-Nya).


Dzikir bisa berarti atau berupa mengingat atau menyebut asma Allah (QS. Ar-Ra’du:28, Al-Ahzab:41-42, Ali Imran:191), Al-Quran (QS. Al-Hijr:9), ilmu pengetahuan/wawasan ilmu terutama ilmu agama (QS. An-Nahl:43), sholat (QS. Thaha:14), dan sholat Jumat (QS. Jumu’ah:9).
Imam Al-Maraghi berkata, “Ingatlah kepada Allah dengan hati kamu, lisan kamu, dan seluruh anggotamu dengan dzikir yang banyak dalam setiap keadaan kamu dengan penuh kesungguhan“.


Dzikir bisa dilakukan dalam banyak kondisi. “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Ali Imran:191).


Maka inilah salah satu amalan dzikir setelah sholat yang biasa dilakukan oleh ulama terdahulu, betapa di kota-kota besar berdzikir setelah sholat sudah mulai banyak ditinggalkan,

·         sibuk dengan urusan dunia (masih dalam keadaan kerja/masih dalam perjalanan) dan

·         menyia-nyiakan waktu (nonton sinetron, bermain games/handphone).


 Dari Abu Sa’id al-Khudriyyi bahwa Rasulullah Saw ditanya tentang siapa hamba yang paling afdhol di sisi Allah di hari kiamat kelak. Beliau bersabda: “Orang laki-laki maupun perempuan yang dzikir kepada Allah sebanyak-banyaknya” Aku bertanya: “Ya Rasulullah bagaimana dengan orang ikut dalam Perang Sabil?” Beliau menjawab: “Memukul kafir dan musyrik dengan pedang sampai babak belur memerah penuh darah, sesungguhnya adalah orang yang dzikir kepada Allah pada derajat yang lebih utama”(HR Turmudzi)

Dari Abi Darda’ ra: Rasulullah saw: “Maukah kalian aku beritahukan amalan yang paling baik, paling suci di sisi Tuhan kalian, lebih dapat meninggikan derajat kalian, lebih baik daripada menginfakkan emas dan perak serta lebih baik daripada kalian bertemu musuh, lalu kalian pancung leher mereka?!” Para sahabat menjawab, “Ya.” Beliau menjawab, “dzikirullah.” Hakim Abu Abdilah berkata dalam kitabnya Almustadrok alas shohihaini: ini hadist shohih isnad. (HR Tirmudzi: 3374)


Tempo Doeloe .........
Orang tua kita berangkat bekerja setelah matahari terbit & sudah kembali ke rumah sebelum matahari terbenam....
Walaupun memiliki anak  banyak tapi punya rumah & halaman yang luas.
Bahkan tdk sedikit ada yg memiliki kebun Dan semua anak-anaknya bersekolah.

Sekarang....
Banyak yg berangkat kerja subuh & sampai rumah hingga larut malam. Tapi.....
Rumah & tanah yg dimiliki tdk seluas rumah orang tua kita. 
Dan bahkan banyak yg takut memiliki banyak anak  karena takut kekurangan. 
Ada yg salahkah  dgn cara hidup orang MODERN.


Orangtua kita hidup tanpa banyak ALAT BANTU. Tapi TENANG menjalani hidupnya.
Sementara kita yang dilengkapi dgn mesin cuci, kompor gas, HP, kendaraan, TV, email, FB, Twitter, i-pad, ruangan ber AC dll.........
HARUSNYA mempermudah hidup ini. TAPI TERNYATA TDK.
Sampai-sampai, tdk sempat kita MENIKMATI HIDUP,
karena semuanya dilakukan TERBURU-BURU.
Berangkat kerja, TERBURU-BURU...
Pulang kerja, juga TERBURU-BURU...
Makan siang, TERBURU-BURU...
Di lampu merah, TERBURU-BURU...
Berdoapun, TERBURU-BURU...
Bahkan sholatpun, TERBURU-BURU...
Karena ketakutan akan kurangnya harta untuk keluarga sampai-sampai kita HITUNGAN dlm MEMBERI...

Sementara  Tuhan tdk pernah hitungan dlm memberi rejeki kpd kita.
Bahkan karena lebih asik bekerja, kita bisa lupa Ibadah
Sampai dimanakah hidup kita pd hari ini.....??? 
LEBIH BARAKAH ORANG DULU atau ORANG SEKARANG ?
Apa ini terjadi pd diri kita ?.... 

Usikum waiyya bitakwallah

إِلَّا الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا۟ بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا۟ بِالصَّبْرِ

  kita tidak akan dikatakan orang berimana selama kita diam... orang beriman itu senantiasa saling menasehati dalam kebenaran dan dalam kesabaran


Jumat, 01 Juli 2016

SHOLAT IED







Hukum Shalat ‘Ied
·         Sebagian ulama mengatakan bahwa sholat ied hukumnya wajib ‘ain,
·         Sunnah muakkad sebagaimana yang dikatakan oleh Annawawi ketika mensyarh hadits riwayat Muslim yang menyebutkan seseorang datang kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan menanyakan hal-hal yang diwajibkan, maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab ‘Lima sholat dalam sehari semalam’ kemudian orang itu berkata ‘apakah bagiku selainnya?’ maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab ‘tidak, kecuali engkau mau menambah (dengan nafilah)’

Waktu Pelaksanaan Shalat ‘Ied
Waktu sholat Ied dimulai setelah matahari mulai meninggi (artinya setelah lewat waktu dilarangnya sholat) dan berakhir dengan tergelincirnya matahari (waktu zawal : matahari di atas hingga tidak terlihat bayangan)

Tempat Pelaksanaan Shalat ‘Ied
Tempat pelaksanaan shalat ‘ied lebih utama (lebih afdhol) dilakukan di tanah lapang, kecuali jika ada udzur
“Hadits Abu Sa’id Al Khudri di atas adalah dalil bagi orang yang menganjurkan bahwa shalat ‘ied sebaiknya dilakukan di tanah lapang dan ini lebih afdhol (lebih utama) daripada melakukannya di masjid

APAKAH ADA SHALAT SUNNAH SEBELUM DAN SESUDAH ‘ID?
·         Tidak disunnahkan shalat sunnah sebelum dan sesudah ‘Id. Disebutkan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhuma:

"Sesungguhnya, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam shalat ‘Idul Fithri dua raka’at, tidak shalat sebelumnya atau sesudahnya" [HR Al Bukhari].
Al Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah berkata: "Kesimpulannya, pada shalat ‘Id tidak ada shalat sunnah sebelum atau sesudahnya, berbeda dari orang yang mengqiyaskan dengan shalat Jum’ah. Namun, shalat sunnah muthlaqah tidak ada dalil khusus yang melarangnya, kecuali jika dikerjakan pada waktu yang makruh seperti pada hari yang lain". [Fath-hul Bari, 2/476].

Apabila shalat ‘Id dikerjakan di masjid karena adanya udzur, maka diperintahkan shalat dua raka’at tahiyyatul masjid. Wallahu a’lam. (Jika di lapangan maka tidak ada tahiyyatul lapangan/aula/mushola)
·         Melantunkan takbir  lebih di sunahkan, dimulai sejak terbenamnya matahari hari raya ‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha, dan berakhir ketika imam memulai shalat ‘id.

Kesunahan di Hari Raya
1.       Melantunkan takbir (Disyari’atkan dilakukan oleh setiap orang dengan menjahrkan (mengeraskan) bacaan takbir. Ini berdasarkan kesepakatan empat ulama madzhab)
2.       Mandi dengan niat untuk melaksanakan shalat hari raya:
3.       Berangkat pagi-pagi, kecuali bagi imam disunahkan berangkat ketika shalat hendak dilaksanakan.
4.       Berhias diri dengan memakai parfum, pakaian yang bagus, memotong kuku, serta menghilangkan bau yang tidak sedap.
5.       Menempuh jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang.
6.       Makan terlebih dahulu sebelum berangkat shalat ‘Idul Fitri, sedangkan pada ‘Idul Adha, sunah melakukan shalat terlebih dahulu.
7.       Tahniah (ungkapan suka cita) atas datangnya hari raya disertai dengan berjabat tangan
8.       Menjawab ucapan suka cita (tahni’ah)
9.       Dianjurkan berjalan kaki sampai ke tempat shalat dan tidak memakai kendaraan kecuali jika ada hajat.

Wassalam

Senin, 27 Juni 2016

MENGHADAPI BABAK FINAL

MENGHADAPI BABAK FINAL
By: Ustdz Irsyad Syafar

Bila ramadhan sudah selesai 18 hari, maka kita segera memasuki malam ke 19. Itu artinya kita sudah berada di gerbang 10 hari terakhir. Apalagi bila diperkirakan ramadhan tahun ini hanya akan berumur 29 hari. Maka malam ke 20 adalah salah satu dari 10 malam terakhir.

Tahukah kita apa itu malam 10 terakhir? Ini adalah malam-malam paling istimewa dari seluruh hari-hari ramadhan. Inilah “babak finalnya” seluruh rangkaian ibadah selama ramadhan. Yang ketinggalan dari pergulatan malam-malam babak final ini, tentulah orang-orang yang merugi (kecuali yang memiliki udzur syar’i).

Adalah Baginda Rasulullah saw sangat mengistimewakan malam-malam 10 terakhir dari bulan ramadhan. Ibunda ‘Aisyah berkata, “Rasulullah saw bersungguh-sungguh (dalam beribadah) pada 10 terakhir ramadhan, yang Beliau tidak bersungguh-sungguh seperti itu di bulan yang lain”. (dalam HR Muslim). ‘Aisyah juga bercerita bahwa, “Baginda Rasulullah saw bila telah masuk 10 terakhir ramadhan, Beliau mengencangkan ikat pinggang, menghidupkan malam-malamnya dan membangunkan keluarganya”. (HR Ibnu Khuzaimah, sesuai syarat shahih Bukhari dan Muslim)

Bila Rasulullah saw memberikan perlakuan istimewa terhadap 10 terakhir ramadhan, meningkatkan intensitas/kualitas/kuantitas ibadahnya, bahkan sampai membangunkan keluarganya, pastilah itu menunjukkan secara jelas dan tegas bahwa 10 terakhir ramadhan sangat istimewa dan utama di sisi Allah.

Rasulullah saw merutinkan i’tikaf di 10 terakhir ramadhan, semenjak adanya syariat puasa ramadhan. Dan khusus di ramadhan terakhir hayatnya, Rasulullah melaksanakan i’tikaf selama 20 hari terakhir. Beliau kencangkan ikat pinggangnya dalam artian menggenjot diri untuk beribadah dan mengurangi pergaulan dengan dunia dan keluarga. Beliau hidupkan malam-malamnya dalam artian lebih banyak bangun di malam hari dari pada tidur. Beliau bangunkan seluruh keluarganya artinya Beliau upayakan keterlibatan maksimal anggota keluarganya dalam kebaikan dan kemuliaan.

Sahabat Rasulullah juga memberikan perlakuan khusus untuk malam-malam 10 terakhir ramadhan. Ubay bin Ka’ab yang biasa rutin mengimami shalat qiyam di Madinah di 20 malam pertama, bila 10 malam terakhir beliau i’tikaf dan mengkhususkan sendiri beribadah, tidak ingin banyak diganggu orang lain. Begitu juga Abu Bakrah, dia shalat qiyam ramadhan di 20 malam pertama sebagaimana qiyamnya di sepanjang tahun. Tapi bila masuk 10 malam terakhir, maka ia melipatgandakan qiyamnya dan bersungguh-sungguh. (terdapat dalam riwayat Tirmidzi dishahihkan oleh Albany)

Ketika Rasulullah beri’tikaf di 10 terakhir ramadhan, ‘Aisyah datang menghadap Rasulullah meminta izin untuk ikut juga i’tikaf. Rasulullah pun mengizinkan. Setelah itu Hafshah datang ke ‘Aisyah agar memintakan izin untuknya kepada Rasulullah. Beliau juga memberikan izin. Kemudian, Zainab binti Jahsy juga melakukan hal yang sama. Begitulah, semua istri Rasulullah saw juga ikut i’tikaf. (terdapat dalam HR bukhari)

10 malam terakhir ramadhan adalah babak final dari seluruh hari-hari ramadhan. Di malam-malam inilah Rasulullah saw memerintahkan para sahabat dan pengikutnya untuk memburu dan mendapatkan “lailatul qadr”. Malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Barang siapa yang beribadah pada malam qadr tersebut, maka nilai ibadahnya lebih mulia dari ibadah yang sama selama 1000 bulan. Namun sebaliknya, barang siapa yang tidak mendapatkan lailatu qadr, maka dia telah diharamkan dari segala kebaikan. (terdapat dalam HR An Nasai, dishahihkan oleh Albany).
Kita mesti segera menyiapkan diri secara maksimal untuk memasuki dan mengisi 10 malam terakhir ini. Persiapan hati dan niat, pisik dan kesehatan, agenda dan kegiatan. Boleh saja kita agak kurang maksimal di malam-malam awal ramadhan. Tapi di 10 terakhir ini tidak ada pilihan, harus maksimal. Jangan sampai rela bila pencuri-pencuri licik dan lihai mengambil waktu-waktu mahal ini. Kalau kita berniat cuti kerja, inilah saat yang tepat untuk cuti.

Bila babak final ini sudah berlangsung, tapi kita masih sibuk dengan dunia, terikat dengan pekerjaan yang tidak berharga, tersandera oleh kegiatan-kegiatan tak bermakna, terpaku oleh lemahnya jiwa, maka siapkanlah diri untuk kerugian yang sangat nyata...

10 hari ketiga bulan ramadhan adalah itkum minannar




أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ


Sebentar lagi ramadhan meninggalkan kita, dan saat ini kita memasuki malam-malam dipeliharanya kita dari api neraka.

Di sepuluh malam terakhir ini kita disunahkan untuk melakukan itikaf di masjid.
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari, Abu Daud dan Ibnu Majah bahwa Rasul SAW. beri’tikaf 10 hari terakhir Ramadhan. Pada tahun terakhir berjumpa Ramadhan (sebelum wafat), Beliau i’tikaf selama 20 hari. Kebiasaan I’tikaf ini diteruskan oleh para Sahabat dan istri-istrinya setelah peninggalan Beliau.
Ibadah i’tikaf bertujuan mulia yaitu untuk menggapai malam lailatul qadar yang punya keutamaan ibadah yang dilakukan lebih baik daripada 1000 bulan. Di antara tujuan i’tikaf adalah untuk menggapai malam tersebut. Dan yang paling utama bila i’tikaf dilakukan di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan. Mudah-mudahan kita diberikan jalan untuk melakukan ibadah i’tikaf tersebut demi mencontoh sunnah Nabi kita –shallallahu ‘alaihi wa sallam-.

Apa itu itikaf ?
yaitu berdiam diri dimasjid. Dimana didalam fikih untuk melakukan itikaf ada ketentuan/syaratnya,
a.    bahwa Masjid nya itu harus yang dipakai untuk sholat jum’at
b.    Masjid nya telah di waqafkan (bukan milik pribadi, maka tidak sah itikaf di masjid yg belum diwakafkan)


  • ·         Ketika akan ke masjid kita berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْ
نِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ
"Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali"
  "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas.
Aku berlindung kepada Engkau dari sifat pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia." (HR Abu Dawud 4/353) :

  • ·         Ketika akan memasuki masjid, ber doa memohon perlindungan dibukakan pintu Rahmat
اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ.
“Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.
Artinya :
 “Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu"
  • ·         Melangkah memasuki masjid dengan kaki kanan

Apa yang dilakukan ketika itikaf
1.     Muhasabah (menghisab diri sendiri/menghitung-hitung/introspeksi/merenung)
a.       Yaitu berintrospeksi  hablumminallah dan habluminannas
b.      Bagaimana hubungan kita selama ini kepada Allah SWT
c.       Bagaimana hubungan kita kepada kedua orang tua kita
d.      Bagaimana hubungan kita selama ini kepada Istri dan anak-anak
e.      Bagaimana hubungan kita selama ini kerabat, sahabat dan tetangga
f.        Menghisab diri akan apa-apa yang telah dan akan dilakukan
g.       Mempersiap diri (membawa bekal) bahwa kita akan menemui kematian
h.      Menghisab diri sendir sebelum dihisab di yaumil hisba nanti
Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Hasyr [59]: 18).

Umar bin Khathab pernah berkata, “Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab dan timbanglah diri kalian sebelum kalian ditimbang karena lebih mudah bagi kalian menghisab diri kalian hari ini daripada besok (hari kiamat). Dan bersiaplah untuk menghadapi pertemuan terbesar. Ketika itu, kalian diperlihatkan dan tidak ada sesuatu pun pada kalian yang tersembunyi.” (Az Zuhd, Ahmad bin Hambal, h. 177)
2.    Lakukan sholat tahiyatul masjid, setelah selesai lanjutkan
3.    Memperbanyak membaca Alqur’an
4.    Sholat sunah taubat 2-4 rakaat, dimana setelah membaca al fatehah rakaat 1-2 membaca QS Al Kafirun 11x Al Ikhlas 11x begitupun rakaat ke 3-4.
Kenapa QS Al kafirun :
Karena menunjukan iman kita kepada Allah sebagaimana sebab turunnya QS Al kafirun ketika nabi didatangi sekelompok orang2 yahudi dan nasrani, yang ingin berdamai dengan nabi bahwa mereka akan melakukan ibadah dihari jum’at tetapi dengan syarat agar nabi juga melakukan/mengikuti ibadah mereka di hari sabtu (yahudi) dan hari minggun (nasrani). Maka turunlah QS Al Kafirun.
Kenapa QS Al Ikhlas :
Bahwa membaca QS Al Ikhlas pahalanya seperti membaca 1/3 Al Qur’an dan jika membaca 3x maka seperti mengkhatamkan Al qur’an
Kenapa sholat taubat..?
karena kita tidak tahu umur kita, apakah kita masih dapat bertemu ramadhan tahun depan.

5.    Sholat hajat, setelah membaca Al fatehah membaca QS Asy Syarh (alam nasroh)  rakaat ke dua QS At Takaatsur
Kenapa alam nasroh :
Karena QS Asy Syarh bercerita tentang “Allah telah mengangkat segala beban dari pundak kita dan ketika datang kesulitan pasti Allah berikan kemudahan setelahnya”
Kenapa At Takaatsur
Karena QS At Takaatsur bercerita tentang manusia yang serakah menumpuk harta, yang semua itu akan dimintakan pertanggungan jawab.

6.    Setelah selesai semua, maka kita duduk dan berniat untuk beritikaf, maka tidak sah orang yang beritikaf tanpa niat.
نَوَيْتُ اَنْ اِعْتِكَفَ فِى هَذَا المَسْجِدِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
“saya berniat I’tikaf di dalam masjid ini, sunat karen Allah ta’ala
7.    Setelah niat maka kita diam tidak boleh bicara cukuplah kita takbir, tahlil, tahmid, dzikir dan amalan lainnya
o   Bagaimana kalau kita bicara.. maka itikafnya batal. Maka ulangi niat itikaf kita, kita keluar dari masjid lalu niat ulang ketika masuk kembali
o   Bahwa Pahala itikaf itu lebih baik dari dunia dan seisinya, karena
o   Ketika itikaf kita muhasabah (menghitung-hitung diri), apakah mati kita khusnul khotimah atau su’ul khotimah, Apakah Allah ridho akan hidup kita atau Allah murka..?Betapa banyak dosa kita dan tidak pandai bersyukur akan nikmat yang Allah berikan.. Fabiayyi ala irobikuma tukadziban.
Setelah selesai Shalat Hajat, dianjurkan memperbanyak istighfar
1.     membaca istighfar 100x, seperti kalimat istigfar yang biasa atau sebagai berikut:
Astagfirullaha rabbi min kulli dzanbin wa atuubu ilaiih.
Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Tuhanku, dari dosa-dosa, dan aku bertaubat kepada-Mu”
2.    Selesai membaca istighfar lalu membaca shalawat nabi 100x, yakni:
Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatarridhaa wardha ‘an ashaabihir ridhar ridhaa.
Artinya: “Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas jungjunan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridhai, dan diridailah daripada sahabat-sahabat sekalian.”
3.     Membaca doa sbb :
"Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta"

”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau,Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau”

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.
Artinya: “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.”
4.    Setelah itu, mohonlah kepada Allah apa yang kita inginkan, insya Allah, Allah mengabulkannya. Amin.
5. memperbanyak doa "Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ ''Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku."
    Suatu ketika, Aisyah RA pernah bertanya kepada Nabi SAW, ”Katakan padaku wahai Rasulullah, apa pendapatmu, jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang aku katakan di dalamnya?” Beliau menjawab, “Katakanlah (pintalah): Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ ''Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Mari diakhir ramadhan ini kita tingkatkan amal ibadah kita, karena betapa banyak orang yang melupakan Allah diakhir ramadhan, sibuk dengan mudik dan kegiatan dunia lainnya.
Semoga Allah ampuni dosa kita dan Allah terima segala ibadah kita, dijadikan ibadah tahun ini ibadah yang terbaik. Dan semoga Allah jadikan kita golongan yang “la allakum tattakun”

Wassalam