Share It

Jumat, 26 April 2013

Qiyamuhu ta’ala binafsihi #Pemikiran

Qiyamuhu ta’ala binafsihi
Bab 9

PEMIKIRAN

Pemikiran/Ilham yang datang dari :
1 Tuhan,

·         pemikiran yang datang dari Tuhan adalah berupa teguran
2.       Malaikat,
·         pemikiran yang datang dari malaikat yaitu pemikiran yang senantiasa mengajak kepada kebaikan.
3.       Manusia,
·         pemikiran yang datang dari dalam diri sendiri yaitu pemikiran yang senantiasa mengajak kepada pemuasan nafsu
4.       Syaitan,
·         pemikiran yang senantiasa mengajakan kepada ke ingkaran


Ø  Sesungguhnya pemikiran yang dari dari Tuhan itu adalah berupa teguran, dimana teguran itu datang ia berupa hidayah, Taufik dan Rahmat.
Ø  Tetapi kebanyakan manusia tidak suka dengan teguran Allah, karena teguran Allah datang dengan tidak mengenakan.
Ø  Sesungguhnya orang-orang yang mendapat Taufik, hidayah maupun Rahmat dia lebih suka dengan datangnya teguran Allah karena didalam teguran itu membawa kepada kebaikan dan kebajikan.  Sebagaimana sebuah riwayat dari nabiyullah Yakub AS.

Nabiyullah Yakub adalah dekat/berteman dengan malaikat Maut (karena nabi Yakub AS sering menghadiahi bacaan Al Fateha) pada suatu ketika malaikat maut datang kepada nabi Yakub, maka nabi Yakub bertanya :
“ya malaikut maut, sesungguhnya engkau datang kepadaku apakah sebagai seorang tamu atau sebagai petugas pencabut nyawa..?” maka malaikat maut berkata  “aku datang sebagai seorang tamu”

Maka setelah berbincang-bincang, malaikat maupun berpamitan ke nabi Yakub dan sebelum berpisah nabi Yakub berpesan kepada malaikat maut. “ya malaikat maut, jika nanti engkau datang kepadaku sebagai petugas, maka sebelumnya berikan tanda kepadaku agar aku siap menghadapi yang namanya kematian” . kata malaikat “baik, akan aku kirimkan 2 atau 3 tanda sebelum kedatanganku”

Maka tatkala beberapa tahun kemudian malaikat maut datang kepada nabi Yakub sebagai petugas, maka nabi Yakub pun protes kepada Allah SWT, “Ya Allah mana tanda yang engkau kirimkan kepadaku, padahal malaikatMU telah datang dihadapanku”

Maka Allah menjawab pertanyaan/doa dari nabi Yakub “Sesungguhnya telah aku kirimkan tanda/utusan kepadamu tetapi engkau telah melalaikannya, yaitu tanda yang pertama aku kirimkan kepadamu yaitu berupa :
1.       Lihatlah rambutmu, yang tadinya hitam kini telah menjadi putih
2.       Lihatlah tubuhmu, yang tadinya gagah kini menjadi lemah
3.       Kenikmatanmu telah berkurang, yaitu apa-apa yang dahulu engkau makan terasa nikmat sekarang sudah tidak nikmat lagi.

Maka itulah tanda-tanda yang telah aku kirimkan kepadamu namun kamu tidak pernah mau memperhatikan.

Itulah teguran Allah yang telah datang kepada kita, apakah kita telah berfikir dan mengambil hikmah. Apakah Taufik, hidayah dan rahmatNya telah datang kepada kita ?

20130318

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar